Search

5 Cara Membuka Android Lupa Android Lupa Pola, PIN dan Password

Posted by Es-Panasdotcom on Khamis, 22 Jun 2017

Baca Juga

Mengamankan Android dari orang lain itu sangat perlu. Apalagi di Android kita tersimpan beberapa Data Pribadi yang bersifat tidak boleh diketahui oleh orang lain. Hal itu kita amankan dengan menggunakan Pengaman Layar berupa Pola, PIN, Password dan Sensor Fingerprint.

Akan tetapi akan saatnya ketika kita lupa bahkan tidak ingat lagi. Hal ini tentunya berdampak buruk terhadap Si Pemilik Android karena tidak bisa mengakses lagi Smartphone kesayangan. Tapi tenang saja berikut ini merupakan Tips Untuk Membuka Android Lupa Pola, PIN dan Password.

1. Menggunakan Android Device Manager


Hal yang harus kamu lakukan untuk pertama kali yaitu menggunakan Aplikasi Android Device Manager. Kamu bisa menggunakan browser di smartphone Android teman kamu atau menggunakan komputer untuk mengakses layanan. Pastikan, kamu masuk dengan Akun Google yang sama dan smartphone terhubung dengan internet.


Sekarang buka Link Android Device Manager, disana terdapat tiga pilihan yakni Deringkan, Kunci, atau Hapus. Lalu kamu pilih Kunci atau Lock. Jika Android Device Manager mengalami kesulitan menemukan perangkat kamu, klik tombol refresh browser beberapa kali.

Setelah klik tombol Kunci atau Lock, kamu akan diminta untuk memasukkan sandi baru, yang akan menggantikan pola, PIN, atau password lama yang kamu lupakan. Ketik password baru dua kali untuk mengonfirmasi pilihan kamu, lalu klik tombol Lock. Dari sini, tunggu setidaknya 5 menit. Nah, sekarang harusnya kamu sudah bisa membuka smartphone yang terkunci dengan password baru.

2. Menggunaakan Forgot Pattern


Jika perangkat kamu masih menjalankan Android 4.4 KitKat atau lebih rendah, kamu masih bisa menggunakan fitur Forgot pattern. Setelah beberapa usaha yang gagal, kamu akan melihat pesan yang mengatakan "Coba lagi dalam 30 detik". Dari situ, kamu pilih Forgot pattern, yang letaknya di bagian bawah layar.


3. Menggunakan ADB Untuk Menghapus Password

Membuka Android yang lupa kata sandi atau pola berikutnya, hanya akan bekerja jika sebelumnya kamu telah mengaktifkan USB Debugging dan kamu memiliki komputer yang sudah pernah kamu hubungkan dengan smartphone melalui ADB. Jika kamu sudah pernah melakukan root atau install kustom ROM pasti sudah nggak asing dengan proses ini.

Mulailah dengan menghubungkan smartphone kamu ke komputer dengan kabel data, kemudian buka jendela command prompt di direktori instalasi ADB kamu. Dari sini, ketik perintah berikut, kemudian tekan Enter.
adb shell rm /data/system/gesture.key
Selanjutnya, reboot smartphone kamu dan seharusnya sandi di lockscreen kamu sudah tidak ada. Tapi ini hanya sementara, jadi pastikan kamu menetapkan sandi baru sebelum melakukan proses reboot berikutnya.

4. Safe Mode


Seperti yang kamu ketahui, banyak banget aplikasi pengaman lockscreen di Android. Beberapa di antaranya sangat mengesankan karena mampu mengubah sandi sesuai dengan kombinasi jam dan menit, tanggal, hingga status baterai. Namun, terkadang ada bug dan tiba-tiba kamu sudah tidak masuk ke smartphone kamu.

Nah, jika permasalahan datang dari aplikasi pihak ketiga, kamu bisa coba lakukan boot ke Safe Mode. Caranya beragam, tergantung dari jenis dan merek smartphone kamu. Kamu bisa browsing untuk menemukan kombinasi yang sesuai untuk masuk ke Safe Mode smarpthone kamu.

Setelah berhasil masuk ke Safe Mode, kunci layar dari aplikasi pihak ketiga yang sementara akan dinonaktifkan. Dari sini, kamu dapat langsung uninstall aplikasi tersebut dan kemudian reboot smartphone kamu untuk keluar dari Safe Mode.

5. Membuat Crash LockScreen


Metode ini memanfaatkan bug pada smartphone yang menjalankan Android 5.0-5.1.1 Lollipop. Selain dari itu, metode ini tidak akan dapat bekerja. Pertama, tekan Panggilan Darurat yang muncul di layar kunci. Kemudian gunakan antarmuka dialer dan masukkan 10 tanda bintang. Kemudian ketuk dua kali untuk menyorot teks yang kamu masukkan dan pilih copy. Ulangi lagi lalu paste di situ sehingga jumlah karakter bintangnya menjadi dua kali lipat. Ulangi proses ini, copy dan paste untuk menambahkan lebih banyak karakter sampai pada batasnya.

Selanjutnya, kembali ke layar kunci dan membuka shortcut kamera. Dari sini, tarik jendela notifikasi dan tekan ikon Settings, maka kamu akan diminta untuk memasukkan password. Tekan lama di kolom input dan pilih paste. Kemudian ulangi proses ini beberapa kali sehingga kunci layar akan crash dan memungkinkan kamu untuk mengakses seluruh antarmuka smartphone.



Itulah 5 Cara Membuka Android Lupa Android Lupa Pola, PIN dan Password yang lupa kata sandi paling ampuh sejauh ini. Karena banyaknya jenis dan merek Android, memang tidak ada metode yang benar-benar baku untuk diterapkan. Jika kamu mengetahui cara lain, kamu bisa berbagi info di kolom komentar di bawah ini.

Blog, Updated at: Jun 22, 2017

0 COMMENT:

Catat Ulasan

Terima kasih sudah berkunjung

Mari bergabung dan raih jutaan Rupiah/hari

Please Like My Fanspage